: :

Navbar Bawah

Cari Blog Ini

Senin, 22 April 2013

Charger Tanpa Listrik


Berikut di bawah ini beberapa contoh teknologi ramah lingkungan yang di terapkan pada perangkat charger untuk mengisi ulang baterai tanpa menggunakan listrik sama sekali. Charger tanpa arus listrik ini diantaranya menggunakan tenaga gerak, tenaga angin dan dan tenaga surya.

Charger Ponsel YoGen 
Salah satu perangkat teknologi ramah lingkungan yang dipamerkan pada ajang tahunan CES ini cukup unik. Charger atau pengisi ulang daya listrik untuk telepon seluler yang di beri nama YoGen Hand Charger ini, menggunakan tenaga gerak sebagai sumber energi. Di dalamnya terdapat roda seperti mainan yo-yo yang bisa memproduksi sumber energi hingga 5 watt. Untuk mengisi ulang baterai ponsel, pengguna cukup menarik tali untuk memutar roda, persis seperti memainkan yo-yo. Hanya dengan satu menit “memainkan” yo-yo ini, baterai ponsel sudah cukup terisi serta bisa digunakan untuk melakukan panggilan atau sms. Harga perangkat ini US$ 40 atau sekitar Rp 400 ribu saja.

Charger Tenaga Angin 
Mini Wiz dari HyMini merupakan satu contoh lainnya penggunaan teknologi ramah lingkungan yang memanfaatkan tenaga angin sebagai charger baterai AA. Prinsip kerjanya mirip dengan charger YoGen putaran rodanya bisa menghasilkan listrik. Bedanya putaran roda Mini Wiz memanfaatkan tenaga angin.

Charger Tenaga Surya Regen 
Satu contoh teknologi ramah lingkungan lainnya adalah charger tenaga surya dari yang didesain khusus untuk penggunaan di rumah. Setiap charger dilengkapi panel surya 6 watt dan bisa diintegrasikan ke baterai dengan colokan USB. Charger ini juga terintegrasi dengan sebuah terminal untuk speaker, sebuah lampu meja LED, serta pengisi ulang untuk iPod.

0   komentar

Cancel Reply